Strategi Manajemen Talenta untuk Menjamin Kelangsungan Kapabilitas Pembeda Organisasi

Strategi Manajemen Talenta untuk Menjamin Kelangsungan Kapabilitas Pembeda Organisasi

Organisasi mengembangkan strategi dan merumuskan tujuan strategis agar selalu adaptif dengan lingkungannya dan memiliki daya saing. Organisasi pun dituntut mencermati perubahan yang terjadi dalam iklim sosiologis, teknologi, ekonomi dan politik secara konsisten dari waktu ke waktu. Dengan mempertimbangkan hal-hal tersebut, organisasi kemudian menyelaraskan strateginya dengan perubahan-perubahan yang berpotensi memberikan implikasi pada bisnisnya. ‘Strategic fit’ yang dibangun organisasi inilah yang menjadi kata kunci dalam memenangkan persaingan bisnis secara efektif.

Hingga beberapa dekade sebelumnya, ‘strategic fit’ lebih banyak dikaitkan dengan faktor lingkungan dan karakteristik industri. Namun pada tahun 1990-an, penekanannya mulai bergeser pada keterkaitan ‘strategic fit’ dengan sumber daya dan kapabilitas yang dimiliki organisasi. Diyakini bahwa kapabilitas organisasi merupakan talent organisasi, dan talent ini harus dikembangkan agar terus adaptif dengan perubahan yang terjadi dalam iklim persaingan bisnis organisasi.

Jika diperhatikan, korelasi antara sumber daya dan kapabilitas organisasi memang sangat kompleks. Hamel dan Prahalad mengamati bahwa kapabilitas outstanding yang dimiliki organisasi tidak selalu merupakan hasil atau akibat dari sumber daya yang unggul. Kedua ahli ini memberikan beberapa contoh hasil analisa dan kajiannya sebagai berikut:

  • GM dipastikan telah mengalahkan Honda dengan skor telak di bidang R&D -nya. Namun fakta tersebut belum mampu mengukuhkan posisi GM sebagai pemimpin otomotif dunia dalam hal teknologi sasis power train.
  • Sony, dengan anggaran riset yang jauh lebih kecil daripada Philips, nyatanya mampu menghasilkan begitu banyak inovasi yang lebih sukses.

Banyak riset dan praktik manajemen bisnis yang menunjukkan sifat hubungan yang tidak langsung antara sumber daya organisasi dan kapabilitas yang dapat dihasilkan oleh organisasi tersebut. Menurut Hamel dan Prahalad, kunci pentingnya justru pada bagaimana kapabilitas organisasi dalam memanfaatkan sumber daya yang dimilikinya.

Dari sudut pandang sumber daya manusia, memanfaatkan sumber daya untuk meningkatkan kapabilitas organisasi akan melibatkan serangkaian aktivitas pengembangan (developing), pengadaan (sourcing), pengintegrasian (integrating), dan mempertahankan (retaining) talent di organisasi. Para ahli manajemen menyebutkan bahwa hal ini menjadi agenda mutlak agar organisasi dapat memiliki dan mengembangkan kapabilitas ‘pembeda’-nya (distinctive capability) dalam bisnis. Kompetitor bisa saja memperoleh dan mencontoh sumber daya, atau bahkan memperoleh keterampilan yang dimiliki suatu organisasi. Namun ada satu hal yang tidak bisa lakukan, yakni strategi pengembangan talent dengan cara yang dilakukan organisasi (dalam konteks tujuan bisnis) untuk meningkatkan pengetahuan tacit.

Prioritas organisasi telah berubah dalam beberapa tahun terakhir. Organisasi kini memiliki fokus untuk mengembangkan kapabilitas pembeda yang berasal dari sekumpulan individu bertalenta yang mampu menghasilkan kinerja tinggi. Kapabilitas pembeda ini harus fleksibel, tahan lama, dan sulit untuk ditiru. Di sinilah strategi manajemen talenta menjadi penting. Organisasi harus merumuskan strategi manajemen talenta untuk mengembangkan talent, mengubah dan meningkatkan sumber daya manusia menjadi kapabilitas pembeda. Dalam konteks demikian, merekrut dan mempertahankan para talent saja tidak cukup. Kapabilitas organisasi harus diberikan porsi yang signifikasi sebagai variabel penjamin kelangsungan ‘strategic fit’. Evolusi ini hanya dapat dilakukan dengan mengembangkan talent di tingkat organisasi atau menjalankan strategi manajemen talenta sebagai suatu sistem yang terintegrasi dalam keseluruhan praktik manajemen organisasi.

 

(Vanda Rossdiana – People Development Consulting)

Perlu Materi Yang Lain?

WE'RE Here To SUPPORT You

Feel free to contact us, and we will be more than happy to answer all of your questions.